Di era modern sekarang dimana setiap negara memberlakukan kebijakan tentang emisi gas buang pada kendaraan bermotor yang mau tidak mau mengharuskan pabrikan motor maupun mobil berpikir keras untuk membuat motor yang irit sehingga gas buangnya pun lebih sedikit. Oleh sebab itulah motor maupun mobil era saat ini semuanya menggunakan system pengkabutan injeksi. System injeksi ini selain hemat bahan bakar dan dapat menekan emisi gas buang, juga diyakini minim maintenance atau Bahasa kerennya ga perlu sering-sering di service. Lain halnya dengan motor-motor jaman dahulu yang masih menggunakan system pengkabutan karburator.
Awal kemunculannya memang injeksi ini seperti diragukan oleh
masyarakat Indonesia karena tidak semua bengkel pada masa itu mengerti tentang
motor injeksi. Tapi lambat laun akhirnya masyarakat makin percaya bahkan
sekarang mereka lebih tertarik dengan motor injeksi. Lalu bagaimana dengan
motor karburator?
Sebenarnya motor-motor dengan system pengkabutan karburator
juga banyak memiliki nilai plus, salah satunya yaitu mesin yang gampang
dioprek. Selain itu karburator adalah system pengkabutan yang sangat sederhana, untuk membersihkannya
tinggal bongkar semua partnya, lalu bersihkan dengan bensin ataupun carbu
cleaner, keringkan kemudian pasang kembali. Tidak perlu banyak setting
elektronik seperti motor-motor injeksi. Namun yan perlu diingat apabila sobat
ingin melakukannya sendiri dirumah maka sobat harus hati-hati agar tidak ada
part yang tertinggal ketika merangkai kembali part-part karbu tersebut. Masih
bingung cara bongkarnya? Disini MM akan kasih tips membersihkan karburator
tanpa membongkarnya, simak ulasannya berikut…
- Pertama siapakan obeng min (-)
- Carburator cleaner (CC)
- Nyalakan mesinBuka saluran air intake yang menempel di mulut karburator
- Arahkan selang dari carbu cleaner ke mulut karbu
- Dalam keadaan mesin menyala pada RPM 2000 Semprotkan CC secukupnya
- Akan timbul efek mesin seperti mau mati, jangan panic naikkan rpm motor maka akan keluar asap hitam dari knalpot. Itu berarti kerak yang ada di dalam carburetor ikut masuk dan terbakar bersama kerak sisa pembakaran dan keluar melalui lubang knalpot
- Ulangi hingga 5 kali atau lebih jika diperlukan.
No comments:
Post a Comment