google

Thursday, October 11, 2018

Tips Irit Service Karburator



Di era modern sekarang dimana setiap negara memberlakukan kebijakan tentang emisi gas buang pada kendaraan bermotor yang mau tidak mau mengharuskan pabrikan motor maupun mobil berpikir keras untuk membuat motor yang irit sehingga gas buangnya pun lebih sedikit. Oleh sebab itulah motor maupun mobil era saat ini semuanya menggunakan system pengkabutan injeksi. System injeksi ini selain hemat bahan bakar dan dapat menekan emisi gas buang, juga diyakini minim maintenance atau Bahasa kerennya ga perlu sering-sering di service. Lain halnya dengan motor-motor jaman dahulu yang masih menggunakan system pengkabutan karburator.

Awal kemunculannya memang injeksi ini seperti diragukan oleh masyarakat Indonesia karena tidak semua bengkel pada masa itu mengerti tentang motor injeksi. Tapi lambat laun akhirnya masyarakat makin percaya bahkan sekarang mereka lebih tertarik dengan motor injeksi. Lalu bagaimana dengan motor karburator?

Sebenarnya motor-motor dengan system pengkabutan karburator juga banyak memiliki nilai plus, salah satunya yaitu mesin yang gampang dioprek. Selain itu karburator adalah system pengkabutan  yang sangat sederhana, untuk membersihkannya tinggal bongkar semua partnya, lalu bersihkan dengan bensin ataupun carbu cleaner, keringkan kemudian pasang kembali. Tidak perlu banyak setting elektronik seperti motor-motor injeksi. Namun yan perlu diingat apabila sobat ingin melakukannya sendiri dirumah maka sobat harus hati-hati agar tidak ada part yang tertinggal ketika merangkai kembali part-part karbu tersebut. Masih bingung cara bongkarnya? Disini MM akan kasih tips membersihkan karburator tanpa membongkarnya, simak ulasannya berikut…

  • Pertama siapakan obeng min (-)
  • Carburator cleaner (CC)

Caranya adalah sebagai berikut
  • Nyalakan mesinBuka saluran air intake yang menempel di mulut karburator
  • Arahkan selang dari carbu cleaner ke mulut karbu
  • Dalam keadaan mesin menyala pada RPM 2000 Semprotkan CC secukupnya
  • Akan timbul efek mesin seperti mau mati, jangan panic naikkan rpm motor maka akan keluar asap hitam dari knalpot. Itu berarti kerak yang ada di dalam carburetor ikut masuk dan terbakar bersama kerak sisa pembakaran dan keluar melalui lubang knalpot
  • Ulangi hingga 5 kali atau lebih jika diperlukan.
Dengan tips yang MM share diatas maka kita tidak perlu lagi repot-repot kebengkel motor atau bongkar pasang karbu. Selain praktis tips ini juga menghemat biaya service motor karena harga carburetor cleaner yang murah yaitu di kisaran 25 ribuan. Semoga berguna…

No comments: