google

Saturday, October 27, 2018

Sejarah Singkat Sepeda Motor Honda diIndonesia



Bicara sejarah sepeda motor MM jadi teringat semasa sekolah. Di daerah tempat tinggal MM dulu jika kita bertanya tentang sepeda motor kepada orang tua maka mereka akan menjawab “HONDA”. Bahkan di satu daerah mereka menyebut semua sepeda motor dengan nama Honda, tidak peduli itu sepeda motor buatan honda, Yamaha maupun Suzuki mereka tetap menyebutnya dengan “HONDA”.



Awalnya MM juga merasa bingung dengan pembicaraan tersbut. Sampai akhirnya MM menyadari bahwa merk honda telah terpatri jauh kedalam mindset mereka bahwa sepeda mototr ya HONDA. Lalu bagaimana hal itu bisa terjadi? Ternyata ini tidak lepas dari sejarah sepeda motor honda sebagai produsen sepeda motor pertama yang masuk ke Indonesia. Berikut MM coba tuliskan secara singkat sejarah kelahiran HONDA di Indonesia hingga bisa mencapai kondisi sekarang.

Sejarah awal mula PT Astra Honda Motor (AHM) yang merupakan pelopor industri sepeda motor di Indonesia. Didirikan pada 11 Juni 1971 dengan nama awal PT Federal Motor, yang sahamnya secara mayoritas dimiliki oleh PT Astra International. Saat itu, PT Federal Motor hanya merakit, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (completely knock down).


Tipe sepeda motor yang pertama kali di produksi Honda adalah tipe bisnis, S 90 Z bermesin 4 tak dengan kapasitas 90cc. Jumlah produksi pada tahun pertama selama satu tahun hanya 1500 unit, namun melonjak menjadi sekitar 30 ribu pada tahun berikutnya dan terus berkembang hingga saat ini. Bnadingkan dengan jumlah produksi di tahun 2018 ini, dibandingin sama jumlah produksi perbulannya saja masih jauh sob… gileee….

Federal Motor juga sempat mengeluarkan sepeda motor sepeda motor legendaris seperti NSR150 yang bermesin 2 tak walaupun kala itu Honda Indonesia terkenal dengan sepeda motor 4 tak nya, kemudian ada GL series dari type 125 (GL125) sampai yang 200cc atau biasa kita sebut Honda Tiger, dan 1 klan lagi yang tetap eksis sampai sekarang yakni CB series.



Seiring dengan perkembangan kondisi ekonomi serta tumbuhnya pasar sepeda motor terjadi perubahan komposisi kepemilikan saham di pabrikan sepeda motor Honda ini. Pada tahun 2000 PT Federal Motor dan beberapa anak perusahaan di merger menjadi satu dengan nama PT Astra Honda Motor, yang komposisi kepemilikan sahamnya menjadi 50% milik PT Astra International Tbk dan 50% milik Honda Motor Co. Japan.

Saat ini PT Astra Honda Motor memiliki 4 fasilitas pabrik perakitan, pabrik pertama berlokasi Sunter, Jakarta Utara yang juga berfungsi sebagai kantor pusat. Pabrik ke dua berlokasi di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, pabrik ke 3 yang berlokasi di kawasan MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi serta pabrik yang ke 4 di kawasan KIIC kabupaten karawang. Pabrik ke 4 ini merupakan fasilitas pabrik perakitan terbaru yang mulai beroperasi sejak tahun 2015 dan dikhususkan untuk memproduksi motor sport fairing seperti CBR150R dan CBR250RR.

No comments: