google

Wednesday, October 24, 2018

Stoplamp Jenis Led Bikin Silau, Produsen Motor Harus Punya Solusi




 Jaman sekarang technologi makin canggih, tapi makin banyaknya jumlah penduduk juga menuntut agar technologi yang dibuat bisa ramah lingkungan dan hemat energy. Oleh sebab itu produsen lampu mulai berinovasi membuat lampu yang hemat energy. Tak hanya untuk keperluan rumah tangga, bahkan  merambah ke kendaraan-kendaraan bermotor. Akhirnya produsen kendaraan bermotor khususnya roda dua pun mulai berlomba-lomba membuat motor dengan lampu-lampu yang terbuat dari LED.

Setiap teknologi dibuat tentunya memiliki sisi negative & posistifnya, tak terkecuali dengan lampu led. Secara cost memang boleh dibilang lampu led ini hemat energy selain masa pakainya yang lebih panjang dari bohlam biasa, konsumsi dayanya juga lebih hemat. Ini menjadi sangat penting ketika diterapkan ke kendaraan sepeda motor karena umunya suplay aki/listrik pada sepada motor itu lebih kecil dari kendaraan roda 4. Aki motor yang rata-rata di kisaran 2.5 Mah sampai 7 Mah tentunnya memiliki keterbatasan daya jelajah. Apalagi pemerintah Indonesia sekarang mewajibkan kendaraan roda 2 tetap menyalakan lampu utama di siang hari.
Balik lagi ke masalah lampu led. Sisi positifnya selain hemat energy lampu ini juga lebih terang dari bohlam biasa. Disisi lain karena lampu ini dianggap terlalu terang terkadang juga menyilaukan pengendara dari lawan arah. Mungkin inilah sisi negatifnya. Lebih parahnya lagi ketika lampu led ini diaplikasikan ke lampu belakang, stop lam dan lampu sein. MM sendiri sering banget menjadi korban dari keganasan cerahnya stomplamp led ini. Ketika lagi asyik riding dan menemui didepan kita pengendara sepeda motor tersebut menggunakan stoplamp, dan sein dengan bohlam led serasa jadi silau dan menggangu konsentrasi berkendara. Mau ga mau MM harus segera menyalip kendaraan tersbut agar tidak terkena dampak  silaunya. Ini belum lagi kita bicarain anak alay yang sengaja mengganti stoplampnya dengan mika transparan. Jadi beras pengen nendang lampunya pakai sepatu safety.

Sebagai Win win solutionnya MM berharap kedepannya pabrikan sudi mengaplikasikan mika stoplamp dengan efek smoke yang lebih gelap, atau bagi bikers sekalian yang memiliki sepeda motor dengan jenis stoplamp LED bisa memasang stiker smoke pada mika stoplampnya sehingga akan mengurangi kadar kesilauan dari stoplamp led tersebut. Semoga bermanfaat.

No comments: