google

Wednesday, October 10, 2018

Motor penuh dengan stiker komunitas, Bagus apa Lucu?



Pernah lihat motor dengan puluhan stiker yang menempel di body motor? Bagi sebagian orang kelihatannya koq kaya ngrusak estetika banget yah, dan tampilan motor jadi ga rapih. Tapi lain hal lagi bagi sebagian  orang lainnya, karena menurut mereka makin banyak stiker brarti makin banyak saudara & makin jauh touringnya.

Dari pengalaman MM masuk di dunia komunitas motor, sering kali kita sesama komunitas motor akan saling berkunjung ke tempat kopdarannya. Biasanya kita menyebut tradisi tersebut dengan nama sowan. Nah saat sowan kekopdaran komunitas lain inilah maka kami akan diberikan souvenir berupa stiker sowan dari komunitas motor tuan rumah. Ada lagi cara mendapatkan stiker tersebut yaitu pada saat kita datang ke acara peryaan suatu komunitas. Disitu biasanya kami para bikers akan saling berkenalan dan kemudian  bertukar stiker sowan.

Ada satu hal unik dari fenomena ini. Yaitu harga suatu accesoris motor yang akan menjadi semakin mahal apabila banyak ditempel oleh stiker sowan tersebut. MM dlu pernah punya motor jenis matic dan memakai box dibelakangnya. Karena sedang butuh uang mendesak akhirnya MM berniat menjual box tersebut. Tapi apa yang ditanyakan oleh sang pembeli? Dia malah minta agar box tersebut dipenuhi dengan stiker sowan, maka dia akan berani bayar lebih mahal. Hal unik lainnya yaitu ketika MM memakai box tersebut dengan dibalut beberapa stiker sowan, maka akan banyak teman bikers di luar sana yang tidak segan- segan menyapa dan ngajak ngopi bareng, meskipun kita belum saling kenal. Dahsyat bukan? Heheheheh…

Mungkin alasan-alasan diatas bisa sedikit menjelaskan kenapa sering ditemui motor-motor dengan pulahan stiker sowan tertempel di body motornya. Klo MM pribadi sih lbh suka menganggap stiker tersebut sebagai kenang-kenangan dan MM temple di jendela depan rumah.

No comments: