google

Saturday, October 13, 2018

Step-step balap MotoGP dari Q1 sampai race





Menyambung artikel sebelumnya mengenai istilah-istilah di MotoGP, selain istilah yang berkaitan dengan fasilitas ada juga istilah yang hubungannya dengan rules & step-step balap MotoGP. bagi beberapa orang yang selalu update dengan perkembangan MotoGP mungkin hal ini sudah tidak asing lagi bagi mereka. tapi ada juga penggemar MotoGP yang hanya tau race weekend tanpa mengetahui step by step yang dilakukan oleh para pembalap untuk mengikuti race week end tersebut. untuk itu MM akan menjabarkannya secara singkat sebagai berikut :


  • Tahap pertama adalah free practice ( FP : latihan bebas) sebanyak tiga kali, dimana disediakan waktu sebanyak 45 menit per sesi pada hari Jumat pagi dan sore, serta Sabtu pagi.
  • Setelah melewati FP1 FP2 FP3, maka sesi kualifikasi dilakukan. Berbeda dengan sesi latihan bebas, kualifikasi satu (Q1) hanya untuk urutan 11 ke bawah. Ini didapat dari gabungan  tiga waktu pada latihan bebas. Sepuluh tercepat akan langsung menuju ke kualifikasi dua (Q2), sedangkan sisanya masuk ke Q1.. 
  • Dua pembalap tercepat pada Q1 akan masuk ke Q2 bersama sepuluh pembalap tercepat lainnya untuk ikut bersaing memperebutkan posisi pertama hingga 12. Dua pembalap dari Q1 mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki posisi di Q2. Setelah Q2, maka race dilakukan menurut torehan waktu terbaik pada Q2.

    Kurang lebih seperti itu penjelesan step by stepnya. semoga dengan artikel yang singkat ini sobat MM sekalian lebih faham dengan jalannya race motoGP sehingga tidak lagi bertanya-tanya & bingung tentang cara menentukan posisi 1, 2, 3 dan selanjutnya di starting grid. semoga berguna

No comments: