google

Wednesday, October 17, 2018

Sejarah singkat ditemukannya telephone


Sejarah Singkat Penemu Telepon. Untuk Kali ini saya akan memposting tentang Sejarah Singkat Penemu Telepon. Siapa yang tahu penemu telepon yang satu ini, tokoh ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tokoh yang di maksud adalah Alexander Graham Bell, tidak usah banyak basa-basi, langsung saja ke pokok pembicaraannya. Berikut Sejarah singkat Penemu Telepon.

Telepon lahir dari penemuan Alexander Graham Bell. Sejak umur 18 tahun Bell telah bekerja untuk mewujudkan idenya mengirimkan suara. Pada tahun 1874 ketika bekerja pada perusahaan telegraf, Bell mengembangkan ide untuk telepon dimana kabel yang digunakan pada telegraf tidak hanya dapat mengirimkan sinyal listrik berupa kode-kode Morse tetapi juga dapat mengirimkan sinyal listrik yang dapat diubah menjadi suara.


Ide tersebut berhasil diwujudkan pada tanggal 10 Maret 1876, ketika sedang bekerja dengan assistennya di laboratorium, Bell berhasil mengirimkan suara pertama melalui telepon ketika dia memanggil assistennya, “Watson, come here. I want you”. Sejak saat itu telepon mulai didemonstrasikan ke khalayak ramai. Bell kemudian mendirikan perusahaan telepon Bell Telephone Company pada tahun 1877.

Keberhasilan Alexander Graham Bell menemukan telepon bukan berdasarkan hasil kerja kerasnya sendiri, melainkan hasil pengembangan ide dari penemuan-penemuan sebelumnya, seperti Stephen Gray yang berhasil mengirimkan sinyal elekrik melalui kabel (1729), Alessandro Volta yang menemukan baterai (1800), Christian Oersted yang menemukan elektromagnetik (1820), Michael Faraday yang berhasil menemukan generator listrik (1821), Samuel Morse yang berhasil menemukan telegraf (1837), dan yang tak kalah penting adalah Johann Philips Reis yang menyelesaikan telepon pertama yang belum berhasil (1861). 
 
Kabel telepon pertama di luar ruangan dibangun pada tahun1877 yang mencakup jarak 3 mil (4,8 km). Layanan telepon komersil dimulai di Amerika Serikat pada tahun 1877. Pada tahun1878 telepon sudah memungkinkan untuk menggunakan Switch untuk menghubungi nomor-nomor lain dan tidak lagi menggunakan hubungan langsung. Proses penyambungan ke nomor yang dituju dilakukan oleh operator telepon.


  
Pada tahun 1879 sistem pemanggilan telepon mulai menggunakan nomor menggantikan sistem pemanggilan nama. Hal ini untuk mencegah operator yang tidak mengenal semua pelanggan. Sistem penomoran telepon menggunakan huruf dan angka dimana nomor telepon menggunakan sistem dua huruf dan lima digit angka.

Sistem telepon dial ditemukan pada tahun 1880-an oleh Almond Brown Stroger. Pada tahun 1924 Bell Telephone Company kemudian memutuskan untuk menggunakan teknologi yang ditemukan Almond Brown Stroger. Sistem penyambungan otomatis tersebut kemudian disebut Stroger Switch.
 
Pada tahun 1906 seorang penemu muda, Lee De Forest mulai bekerja dan berhasil menemukan “audion”, berupa tabung vakum tiga elemen yang dapat menguatkan gelombang radio. Forest mendapati bahwa tabung vakum tersebut dapat digunakan di kabel telepon untuk menguatkan gelombang suara. Bell Telephone Company  kemudian membeli hak paten Forest dan pada tahun 1913 layanan telepon jarak jauh dibangun antara New York dan San Frasisco menggunakan tabung vakum Forest sebagai repeater (penguat sinyal yang dikirim-kan).
 
Kebutuhan layanan komunikasi jarak jauh semakin terasa. Oleh karena itu, dibuatlah Telstar, satelit komunikasi pertama yang dikirimkan ke orbitnya pada tanggal 10 Juli 1962 yang merupakan hasil kolaborasi NASA dengan Bell Telephone Company. Telstar kemudian digunakan untuk melayani telepon jarak jauh. Kehadiran Telstar membuat jangkauan layanan telepon semakin  luas.

Perkembangan selanjutnya dari telepon adalah pengembangan kabel fiber optic yang mulai dilakukan pada awal tahun 1980-an. Fiber optic menawarkan potensi untuk melayani volume panggilan yang lebih besar dibandingkan satelit dan gelombang mikro. Kabel-kabel fiber optic yang dilewatkan dari dasar lautan mulai digunakan untuk menjadi saluran komunikasi antarbenua.

Itulah sejarah singkat tentang penemu telepon. Semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda tentang penemuan-penemuan bersejarah. Semoga Bermanfaat
(Sumber)

No comments: