google

Tuesday, April 9, 2019

Kenapa Pilih Honda Tiger?

Honda Tiger generasi pertama
Metamorfosa.Xyz... Halo GanSist... Ditengah gempuran teknologi kendaraan roda dua masa kini, dengan berbagai fitur mulai dari sistem injeksi, lampu led, keyless sistem dll, tentu menjadi sebuah pertanyaan bagi orang-orang sekeliling saya kenapa saya malah memilih Honda Tiger yang notabene mesin dengan teknologi jadul, model yang sudah mulai “udzur” dan segala kekurangan lainnya. Tentu banyak faktor yang mempengaruhi itu termasuk saya sendiri ketika memilih Honda tiger sebagai tunggangan sehari-hari. Sebelumnya bagi yang berkenan membaca artikel ini hingga selesai monggo sediakan kopi & camilan, karena artikel kali ini saya bikin lumayan panjang heheheh


1. Produk Yang Melegenda
Bagi gansist yang lahir di tahun 90an pasti kenal dengan produk yang satu ini. Pada tahun itu sekitar tahun 1993 dimana rata-rata pabrikan roda dua tanah air lagi gencar-gencarnya memproduksi sepeda motor dengan mesin 2 tak  Honda tetap dengan jalannya yang konsisten memproduksi mesin 4 tak. Pada tahun itu rata-rata sepeda motor berdesain kotak-kotak, namun Honda dengan produk barunya yakni Honda Tiger mampu memberikan hal yang baru denga desain membulat dan CC besar membuat motor naked ini terlihat besar dan gagah layaknya moge. Pada awal kemunculannya hingga pertengahan tahun 2000an Honda Tiger boleh dibilang motor kaum berduit, ini menjadikan honda tiger kala itu tak banyak di miliki orang lain.

Iklan honda tiger

2. Pride Of Product
Seperti yang telah di jabarkan diatas bahwa pemilik motor ini boleh dibilang hanya kaum papan atas & berduit, hal ini menyebabkan siapapun yang nunggang tiger pada jaman itu mungkin akan dapat julukan "sultan" jika dipadukan dengan istilah kaum milenial jaman now heheh... hal inilah yang masih menempel pada honda tiger hingga sekarang

3. Irit Bahan Bakar
Untuk motor dengan kapasitas 200 cc dengan sistem pengkabutan karburator, motor ini termasuk irit karena bisa menempuh sekitar 35km setiap liter bensinnya. Mungkin jika dibandingkan dengan motor 150 cc injeksi jumlah segitu termasuk boros, tapi inget ini motor karburator dengan mesin 200 CC
Spare Part Honda Tiger

4. Spare Part Melimpah
Bagi sebagian orang mungkin mengganti spare part kendaraannya dengan spare part yang memiliki embel-embel genuine part, atau part orisinil adalah hal wajib. Tapi itu tidak terlalu berlaku bagi saya. Untungnya Honda tiger bisa berbagi pakai spare partnya dengan adik-adiknya sesama GL series. Mau yang hemat banyak KW nya. Atau mau kekeuh pengen yang orisinil tapi tetep hemat? maka bisa pakai part copotan di pedagang loak. karena sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak pedagang yang sengaja membeli motor hanya untuk di preteli dan dijual kembali secara terpisah.
Kesolidan Pengguna Honda Tiger

5. Komunitas Yang Solid
Saya memang tidak tergabung dalam klub manapun dengan Honda Tiger ini. Akan tetapi saya melihat beberapa club-club honda tiger di tanah air yang cukup solid bahkan beberapa menjadi acuan klub/komunitas lain dalam mengelola komunitasnya. Secara tidak langsung hal sperti ini menular kepada pengguna honda tiger lain yang tidak tergabung dalam komunitas sekalipun. Mungkin juga karena motor ini sudah di discontinue maka para penggunanya merasa punya beban sepenanggungan dalam merawat motor mereka hahah...
Kaum Penjelajah

6. Mesin Bandel
Dengan labelnya sebagai super cruiser ini sudah cukup menjelaskan bahwa motor ini adalah motor penjelajah. Tak heran banyak bikers yang menggunakan motor ini untuk keperluan touring karena mesinnya yang bandel & tidak rewel.

7. Mudah di Oprek
Diakui ataupun tidak dalam keadaan standar mesin honda tiger yang 200 cc ini masih kalah jauh dalam hal power jika disandingkan dengan motor-motor 150 cc jaman now. Bandingkan saja, power standar honda tiger yang baru keluar dari pabrik (meskipun sudah tidak ada) cuma berada di kisaran 16hp belum lagi ditambah bodynya yang berat membuat honda tiger hanya mampu mencapai top speed 130km/jam. Sedangkan motor 150 CC injeksi terkini bahkan ada yang mencapai 19hp dengan topspeed mencapai 145km/jam. Jelas timpang saudara-saudara.... Tapi para pengguna honda tiger tidak kehabisan akal. Banyak sekali bengkel-bengkel yang khusus menangani mesin-mesin GL series milik honda ini. Soulusi untuk meningkatkan powerpun lumayan banyak, dan yang paling sering dipilih oleh para pengguna Honda Tiger adalah dengan menaikkan langkahnya atau bahasa kerennya stroke up.

8. Harga Bekas & Spare partnya Terjangkau
Ini boleh dibilang kelemahan honda tiger, karena diakui ataupun tidak harganya turun drastis. Bahkan jika dibandingkan dengan harga motor metik bekas yang sama-sama keluaran honda, motor ini boleh dibilang lebih murah.  Harga bekas yang murah inilah yang dulu cukup menjadi pertimbangan saya dalam memilih motor ini. Adapun nilai plusnya bagi para penggunanya adalah harga spare partnya yang terjangkau, dengan catatan jangan beli yang original & khsusus buat honda tiger. Ini semacam tips karena kalo gansist membeli spare part yang peruntukkannya khusus honda tiger dijamin bakal bergidik.

Nah kira-kira itulah tadi beberapa faktor kenapa masih banyak orang termasuk saya sendiri yang memilih honda tiger sebagai tunggangannya sehari-hari. Terlepas dari beberapa penyakit langganan honda tiger, mulai dari tangki bocor, gear geol dll nyatanya tidak menurunkan niat para pengagum honda tiger untuk tetap meminangnya. Gansist ada pendapat lain? Silahkan share di kolom komentar...

No comments: