Metamorfosa.Xyz... Halo GanSist... Setalah beberapa artikel belakangan Cuma bahas tentang Event
Honda Bikers Day, kali ini MM coba move on dari euforianya dengan mencoba
membahas tentang pernak-pernik helm. Baru-baru ini MM lagi kesengsem sama
helm KYT R10 yang sudah ber flat Visor,
selain karena harganya yang terjangkau helm ini juga sudah menganut flat Visor
atau bisa disebut kaca helm datar/rata. Dan karena hal ini MM jadi tertarik untuk
membahas tentang Pernik helm di blog.
Pada dasarnya visor atau keca helm itu terbagi menjadi 2
jenis yakni jenis cembung dan flat. Untuk jenis cembung modelnya biasa kita
temui pada helm-helm halface lokal khususnya di kelas entry level di rentan
harga dibawah 600 ribuan. Jenis cembung ini memiliki kontur cembung dari bagian
tas visor sampai kebawah. Sedangkan untuk jenis flat Visor, kaca jenis ini
berkontur rata dari bagian atas sampai bawah kaca/visor. Jeni kaca ini biasa
digunakan oleh pembalap pada hel-helm mereka. Makanya biasanya helm yang
memakai flat visor itu helm-helm yang kisaran harganya sudah diatas 1jutaan
rupiah (kecuali KBC & KYT R10). Dari sisi aerodinamika menurut beberapa praktisi
helm, sebenernya lebih baik Visor cembung, namun karna visor cembung ini tidak
dapat dipasangi tear off & antifog makanya helm untuk pembalap tersebut
lebih banyak pakai kaca jenis flat visor. Kemudian apa itu tear off &
antifog?
![]() |
Tear Off |
Tear off adalah sejenis palstik yang ditempelkan pada bagian
luar visor helm fungsinya agar kerikil atau debu yang bertebaran di jalan tidak
langsung menempel pada visor helm sehingga membuat visor jadi baret. Tear off
ini ditempelkan dengan dibaut pada lubang yang tersedia pada kaca helm jenis
flat (tear off post). Warna tear off ini juga bermacam-macam, mulai dari yang
bening, dark maupun iridium. Pengguna helm jenis flat vior ini biasanya
memasang tear off warna dark atau iridium untuk penggunaan siang hari agar mata
tidak silau juga terkena sinar matahari. Untuk penggunaan balap, biasanya para
pembalap memasang 3 sampai 5 lapis tujunnya jika tearoff terluar terkena
cipratan sisa ban (pada balap biasanya ban menggunakan jenis soft sehingga
sisa-sianya bisa saja nyiprat ke pembalap belakangnya) maka tinggal lepas 1
tanpa harus berhenti, & begitu seterusnya.
![]() |
Contoh penempelan antifog |
Anti fog adalah sejenis palstik yang ditempelkan pada sisi
dalam Visor, fungsinya agar visor tidak mengembun ketika riding ditengah hujan.
Anti fog di tempekan pada tear off post yng terpasang disisi kanan kiri visor
helm. Pada sisi antifog ini terdapat silicone gell yang dapat mencegah air
hujan yang menetes mengalir ke bagian dalam visor. Antifog yang popular dikalangan
helmet lovers ada lah merk Pinlock sehingga banyak orang “Awam” salah
sebut dengan menyebut antifog dengan
sebutan pinlock meskipun ada merk lain selain pinlock yakni laraly.
![]() |
Tear off Post |
Tear off Post adalah sejenis baut yang dipasang pada lubang flat Visor yang fungsinya sebagai tempat nempelnya tear off & antifog seperti yang telah MM jelaskan diatas.
No comments:
Post a Comment