google

Thursday, November 22, 2018

Tentang Flat Visor, Tear Off & Antifog Pada Helm

Metamorfosa.Xyz... Halo GanSist... Setalah beberapa artikel belakangan Cuma bahas tentang Event Honda Bikers Day, kali ini MM coba move on dari euforianya dengan mencoba membahas tentang pernak-pernik helm. Baru-baru ini MM lagi kesengsem sama helm  KYT R10 yang sudah ber flat Visor, selain karena harganya yang terjangkau helm ini juga sudah menganut flat Visor atau bisa disebut kaca helm datar/rata. Dan karena hal ini MM jadi tertarik untuk membahas tentang Pernik helm di blog.



Pada dasarnya visor atau keca helm itu terbagi menjadi 2 jenis yakni jenis cembung dan flat. Untuk jenis cembung modelnya biasa kita temui pada helm-helm halface lokal khususnya di kelas entry level di rentan harga dibawah 600 ribuan. Jenis cembung ini memiliki kontur cembung dari bagian tas visor sampai kebawah. Sedangkan untuk jenis flat Visor, kaca jenis ini berkontur rata dari bagian atas sampai bawah kaca/visor. Jeni kaca ini biasa digunakan oleh pembalap pada hel-helm mereka. Makanya biasanya helm yang memakai flat visor itu helm-helm yang kisaran harganya sudah diatas 1jutaan rupiah (kecuali KBC & KYT R10). Dari sisi aerodinamika menurut beberapa praktisi helm, sebenernya lebih baik Visor cembung, namun karna visor cembung ini tidak dapat dipasangi tear off & antifog makanya helm untuk pembalap tersebut lebih banyak pakai kaca jenis flat visor. Kemudian apa itu tear off & antifog?

Tear Off
Tear off adalah sejenis palstik yang ditempelkan pada bagian luar visor helm fungsinya agar kerikil atau debu yang bertebaran di jalan tidak langsung menempel pada visor helm sehingga membuat visor jadi baret. Tear off ini ditempelkan dengan dibaut pada lubang yang tersedia pada kaca helm jenis flat (tear off post). Warna tear off ini juga bermacam-macam, mulai dari yang bening, dark maupun iridium. Pengguna helm jenis flat vior ini biasanya memasang tear off warna dark atau iridium untuk penggunaan siang hari agar mata tidak silau juga terkena sinar matahari. Untuk penggunaan balap, biasanya para pembalap memasang 3 sampai 5 lapis tujunnya jika tearoff terluar terkena cipratan sisa ban (pada balap biasanya ban menggunakan jenis soft sehingga sisa-sianya bisa saja nyiprat ke pembalap belakangnya) maka tinggal lepas 1 tanpa harus berhenti, & begitu seterusnya.
Contoh penempelan antifog
Anti fog adalah sejenis palstik yang ditempelkan pada sisi dalam Visor, fungsinya agar visor tidak mengembun ketika riding ditengah hujan. Anti fog di tempekan pada tear off post yng terpasang disisi kanan kiri visor helm. Pada sisi antifog ini terdapat silicone gell yang dapat mencegah air hujan yang menetes mengalir ke bagian dalam visor. Antifog yang popular dikalangan helmet lovers ada lah merk Pinlock sehingga banyak orang “Awam” salah sebut  dengan menyebut antifog dengan sebutan pinlock meskipun ada merk lain selain pinlock yakni laraly. 

Tear off Post
Tear off Post adalah sejenis baut yang dipasang pada lubang flat Visor yang fungsinya sebagai tempat nempelnya tear off & antifog seperti yang telah MM jelaskan diatas.


No comments: