google

Friday, November 29, 2019

Jika Terjadi Kecelakaan, Utamakan Kondisi Korban Jangan Kronologi

Metamorfosa.Com... Halo GanSist... Seringkali ketika kita mendengar atau membaca berita tentang kecelakaan entah itu di jalan raya ataupun di tempat lain, ada hal yang lumayan menggelitik, yakni ketika para reader lebih mengutamakan menanyakan kronologi dari penyebab kecelakaan tersebut ketimbang kondisi korbannya. Padahal menurut saya, kondisi korban jauh lebih penting ketimbang kronologi penyebab kejadian.


Saya sendiri pernah melihat/membaca kejadian serupa. Ketika psotingan di grup Facebook salah satu anggotanya men-share tentang kejadian kecelakaan di suatu tempat. Kemudian sebagian anggota grup yang lain justru menanyakan kronologi tanpa menanyakan kondisi si korban. Dari sisi kemunasiaan bukannkah ini seperti kita menyepelekan kondisi korban yang baru saja mengalami kecelakaan?
Ini seperti materi stand up komedi bang G. Pamungkas, bahwa memang benar kita orang indonesia sudah diajari kepo dari semenjak kita duduk di bangku sekolah dasar. Akan tetapi alangkah baiknya jika rasa kepo kita diarahkan ke hal-hal yang positif. Dan akan lebih baik lagi jika ketika kita mendengar kabar kecelakaan entah itu teman kita atau bukan, sebisa mungkin agar kita lebih peduli terhadap kondisinya, bukan kronologi penyebab kecelakaannya, syukur-syukur mau bantu pengondisiannya.

No comments: