google

Tuesday, November 12, 2019

DIY : Pasang Kopling Hidrolik di Honda Tiger



Pasang kopling hidrolik di Honda Tiger
Metamorfosa.Com... Halo GanSist... Hari minggu kemaren merupakan hari yang produktif buat saya, karena biasanya jika hari libur kerja, saya hanya bermalas-malasan bercanda dengan anak saya yang masih 5 bulan, kali ini saya sibuk dengan motor saya Honda Tiger. Beberapa bulan lalu saya pernah membeli sepaket kopling hidrolik yang memanfaatkan handel rem kiri yamaha NMAX yang video unboxingnya pernah saya upload di chanel youtube saya disini.

Kopling hidrolik paket hemat

Sempat mandeg beberapa bulan karena kendala yang sebenernya cukup ringan (karena yang berat adalah niatnya hehehehhe...) barulah kemaren akhirnya saya melanjutkan project tersebut dengan  membeli beberapa kebutuhan lainnya untuk menjadikan kopling tersebut bisa terpasang, diantarnya yaitu : nepel, dudukan spion (karena handle rem kiri nmax tidak ada dudukan spionnya) dan minyak rem tentunya. Oya 1 lagi, batang penghubung antara stut kopling dengan stut hidrolik yang kurang panjang juga sudah saya buatkan (lebih tepatnya dibuatin temen yang kerja di bagian mekanik pabrik tempat kerja saya heheheh......)
Penghubung (buatan sendiri)


Pasang Kopling Hidrolik di Honda Tiger

Langkah pertama tentu saja copot dulu rangkain kopling manual bawaan motor, untuk langkah ini cukup mengandalkan kunci T8 dan sisanya dengan tangan kosong saja sudah bisa copot semua.

Langkah kedua pasang handle rem kiri Nmax beserta dudukan spion, posisikan agar sesuai posisinya dengan kopling bawaan. Sambungkan selang dengan Nepel memakai kunci pas 12. Posisikan stut koling hidrolik dan kencangkan dengan kedua baut 10 yang tersedia menggunakan kunci pas 10. kemudian sambungkan dengan stut bak kopling. Lanjut sambungkan selang dengan stut hidroliknya menggunakan kuci pas 14.
Dudukan Spion Yamaha Nmax
 Langkah ketiga adalah mengisi minyak rem kemudian lakukan blending dengan cara yang sama ketika kita memblending rem cakram yaitu :

  • Buka lubang pembuangan yang ada di stut hidrolik kemudian tekan dan lepas tuas rem secara terus menerus sampai minyak rem keluar dari lubang pembuangan. 
  • Tutup lubang pembuangan kemudian lakukan gerakan tadi (menekan & melepas tuas rem secara berulang) sampai tuas kopling terasa berat.
  • Buka kembali lubang pembunagan kemudian lakukan gerakan belending lagi hingga minyak rem kembali keluar. hal ini untuk memastikan tidak ada angin yang terjebak didalam selang, di dalam tabung reservoir maupun di tabung stut.
Terpasang Kopling hidrolik paket hemat a.k.a PAHE

Langkah keempat jangan lupa pasang kembali spion. Pada langkah ini saya baru sadar ternyata dudukan spion yamaha menggunakan jalur drat kekiri atau berlawanan arah jarum jam, ah pantas saja spion saya tidak bisa terpasang. Setelah cek & ricek google akhirnya saya menemukan baut penghubung agar spion honda saya dapat terpasang ke dudukan spion yamaha NMAX ini. Meluncur lagi lah saya ke toko variasi untuk membeli part tersebut dan... dapat.
Adaptor spion yamaha to honda

Nepel & O ring kuningan
Dan spion hidrolik untuk honda tiger sudah bisa dipakai. buat yang mau tau part apa saja yang saya pakai + rincian harganya saya sertakan juga

1. Handle rem kiri Yamaha NMAX (kw) Rp. 79.000
2. Selang rem aftermarket + stut hidrolik RP. 210.000
3. Dudukan spion yamaha NMAX Rp. 5000 x 2 = Rp. 10.000
4. Minyak Rem Rp. 20.000
5. Nepel + O ring Rp. 15000
6. Sambungan spion yamaha ke honda Rp. 10.000 x 2 = Rp 20.000

Jadi total biaya yang saya keluarkan untuk membuat kopling hidrolik di honda tiger ini berfungsi  adalah Rp. 354.000 ini belum termasuk ongkos pasang jika gansist menggunakan jasa bengkel. Semoga berguna.

No comments: