google

Tuesday, January 8, 2019

Review INK CL Max Modif Ala SHOEI X14

INK CL Max seri 4
Metamorfosa.Xyz... Halo GanSist.. Helm adalah perangkat safety yang paling vital keberadaannya bagi premotor. Jaman dulu ketika populasi sepeda motor belum sebanyak sekarang, mungkin orang masih ogah menggunakan helm. Biasanya orang menggunakan helm hanya jika bepergian jauh itupun dimaksudkan untuk menghindari diberhentikan oleh polantas. Namun sering dengan perkembangan zaman dan masifnya kampanye tentang safety riding, kini masyarakat umum kian sadar akan pentingnya helm untuk alasan safety.
Apalagi model-model helm kekinian yang boleh dibilang keren-keren… bahkan bermotif layakanya pembalap motogp, wsbk maupun ajang balap lainnya. Dari sinilah muncul komunitas-komunitas baru pecinta helm yang menyebut dirinya Helmet Lovers, kegiatan para anggota komunitas ini selain kopdar tentunya adalah mengoleksi helm. Bagi mereka yang “berduit” mungkin helm koleksi mereka adalah helm-helm impor branded macam SHOEI, AGV, ARAI, SHARK DLL. Bagaimana dengan yang berkantong pas-pasan namun memiliki hoby ini? Ternyata mereka juga punya cara tersendiri gansis…….. 

INK CL Max Repaint ala SHOIE x14 Tampak sisi kanan
Yup salah satu caranya yaitu dengan repaint atau penempelan  stiker decal pada helm. Sepeprti helm INK CL max milik saya ini…. Helm ini sendiri bukan saya beli baru, melainkan beli seken dari teman. Helm ini sudah di modif layaknya helm SHOEI X14 dengan motif White ant Marc Marques. Apa saja yang telah dirubah/ditambahi atau di modif dari helm ini? Yuk kita simak satu persatu…

Yang pertama tentu saja catnya. Grafis helm ink cl max ini aslinya adalah apa yang sesuai dengan gambar pertama diatas denga warna dominan putih dan hitam dengan sedikit corak garis berwarna orange. Motif helm ini kemudian diganti atau dicat ulang dengan motif white ant marc marques.

INK CL Max Repaint ala SHOIE x14 Tampak sisi kiri

Yang kedua adalah visor. visor bawaan helm ini adalh type cembung berwarna clear dengan sidepod disamping kiri kanannya, diganti dengan dark visor type flat/rata kepunyaan KBC zero series dengan beberapa penyesuain dan copot sidepod agar lebih mirip shoi x14

Yang ketiga adalah penempelan spoiler pada sisi atas dan belakang helm sesuai apa yang tertempel di x14.
INK CL Max Repaint ala SHOIE x14 tampak depan

Dengan modif 3 hal diatas saja, helm  INK CL Max ini sudah mirip banget dengan shoei x14 kepunyaan marc mrques di ajang balap motogp kan….. kekurangan helm ini Cuma 1 yakni tali pengikat yang masih mengandalkan bawaan dengan model microloc. Kedepannya tali ini bisa saja diganti dengan DD ring, udah lumayan banyak tuh DD after market dijual dipasaran, harganyapun lumayan terjangkau.

Kalua bicara masalah paten, saya sendiri kurang paham nh apakah repaint helm semacam ini termasuk pelanggaran hak paten atau tidak. Tapi menurut saya pribadi sih, selama hal ini tidak diproduksi secara massal dan diperjual belikan secara bebas maka tidak ada masalah. 

Next saya coba bikin review hariannya yah... mudah-mudahan sempat... Semoga  terinspirasi heheheh………….

No comments: