google

Friday, January 4, 2019

Lebih Kenal Dengan Robot Pintar "ASIMO"



Metamorfosa.Xyz... Halo GanSist.... Siapa yang tak mengenal negera Jepang? Negara pohon sakura ini memiliki keindahan yang sangat langkah bila memasuki musim semi, pasal nya bunga-bunga indah seperti pohon sakura akan tumbuh mekar dengan indah nya dan tidak bertahan lama karena pergantian musim. Jepang diakui memiliki banyak orang-orang cerdas di dalam nya, tetapi tak sedikit orang luar datang bekerja di Jepang termasuk orang Indonesia. Jepang saat ini menjadi negara terkenal dengan teknologi canggih nya. Tidak heran bila Jepang telah memproduksi Robot yang bisa melakukan aktivitas layaknya seperti manusia.

E0 (1986) Tampilan model percobaan robot humanoid Honda pada 1986

E1 (1987-1991) Prototipe awal dari model-model selanjutnya berjalan dalam kecepatan statis 0,25 km/ jam dengan perbedaan antara gerakan kedua kaki.

E2 (1987-1991) Gerakan dinamis pertama pada kecepatan 1,2 km/ jam menirukan gerakan berjalan manusia.


Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi.
Jepang adalah negara yang telah merilis robot yang sangat canggih, robot tersebut dibuat oleh Honda dan diberinama ASIMO. ASIMO adalah singkatan dari “Advanced Step in Innovative Mobility.” ASIMO dianggap sebagai robot Jepang humanoid tercanggih di dunia dengan tinggi 130 cm dan berat 54 kg. Robot ini dikembangkan oleh Honda Motor Co., Ltd.,

E3 (1987-1991) Kaki yang menyerupai bentuk paha berjalan dalam kecepatan normal manusia 3 km/ jam
E4 (1991-1993) Panjang lutut bertambah menjadi 40 cm untuk menstimulasi kecepatan langkah kaki sesuai gerakan manusia pada 4,7 km/ jam.



ASIMO dilahirkan pada tanggal 31 Oktober 2000 dari hasil program R&D robotik Honda yang didirikan pada 1986. Dipimpin oleh Mr. Masato Hirose, Senior Chief Engineer of the Wako Research Institute, Honda R&D Co., Ltd., tim pengembangan robot berangan menciptakan robot yang bisa menjadi teman bagi manusia. Impian ini berujung pada konsep “menyatukan berbagai fungsi mekanis dengan teknologi maju untuk meningkatkan kualitas hidup manusia,” yang mendasari road map Honda dalam pengembangan robot.

E5 (1991 – 1993) Model dengan kontrol penggerak pertama memiliki penutup kepala yang besar.
  • E6 (1991 – 1993)
Memiliki kontrol keseimbangan saat menaiki dan menuruni tangga atau bidang miring, dan juga saat melangkahi rintangan.


Pada kurun 14 tahun terakhir, Honda telah mengembangkan tujuh robot eksperimen dan tiga robot prototipe. Setelah berbagai usaha, proyek ini berbuah pada tahun 2000 dengan peluncuran resmi ASIMO sebagai representatif dari teknologi robot humanoid. 

  • P1 (1993 – 1997)
Prototipe pertama model yang menyerupai manusia dengan tubuh dan tungkai atas.
  • P2 (1993 – 1997)
Humanoid pertama membuat publik terkagum dengan gerakan yang realistis.
ASIMO sekarang adalah generasi kedua yang merupakan penyempurnaan dari robot ASIMO generasi pertama yang diperkenalkan pada tahun 2000. Teknologi mobilitas ASIMO kini telah mengalami perkembangan pesat dibanding generasi terdahulunya dengan berbagai kemampuan diantaranya bergerak dalam pola lingkaran dan berlari hingga kecepatan 6 km/jam. Kemampuan ASIMO berinteraksi dengan manusia atau objek lainnya juga semakin sempurna, seperti menyambut tamu, berjalan bergandengan tangan dengan manusia, membawa nampan dan mendorong kereta.
Demonstrasi terbaru memperlihatkan keseimbangan dan fleksibilitas sang robot Honda yang semakin membaik, ASIMO sekarang bisa melompat dan dilengkapi dengan kemampuan berbahasa isyarat. Robot ini juga dapat berlari dengan kecepatan 9 kilometer per jam.
  • P3 (1997 – 2000)
Evolusi dalam ukuran dan berat pada humanoid yang menyenangkan ini.
  • ASIMO (2000 – )
Evolusi lebih jauh dalam ukuran dan berat, serta teknologi cara berjalan yang lebih canggih.

Tim riset menargetkan suatu hari ASIMO dapat membantu kaum lanjut usia untuk mengambil panganan atau mematikan lampu, ketika kemampuan lansia untuk bergerak dan berjalan sudah berkurang. “ASIMO didesain untuk membantu mereka yang membutuhkan dalam masyarakat dan Honda yakin perbaikan pada ASIMO membawa kami selangkah lebih dekat menuju tujuan utama kami yakni membantu siapapun yang membutuhkan,” ungkap Satoshi Shigemi, insinyur senior dari Honda R&D Co., Ltd. Japan yang bertanggung jawab atas robotik humanoid.

Sumber : (jullyrobot.wordpress.com)
                (www.pil-tei.com)

No comments: