google

Wednesday, December 19, 2018

Begini Cara merawat Tali Kopling Yang Baik

Tali kabel kopling

Metamorfosa.Xyz... Halo GanSist... Bagi Pengguna motor jenis sport tentunya tak lepas dengan yang namanya tali kopling. Peranti ini sangat vital keberadaannya, kalau sampai putus siap-siap ajah motor mati. Saya sendiri pernah mengalami putus tali kopling pada saat touring menggunakan Honda Tiger. Untungnya saat itu dekat dengan toko onderdil motor.

Bagi pengguna Honda Tiger pastinya punya keluhan yang sama, yakni tuas kopling yang keras saat ditarik. Sebenernya hal ini bisa diatasi dengan beberapa trik salah satunya dengan melumasi tali sling kabel kopling. Trik ini juga berfungsi merawat agar tali sling terhindar dari karat yang menyebabkan tuas kopling berat dan lama-lama putus. 

Namun untuk melumasi tali sling kabel kopling cukup sulit, karena jarak antara tali sling dengan pembungkusnya yang lumayan rapat. Tapi tenang saya ada trik untuk mengatasinya. Trik ini saya prkatekkan dari tulisan salah seorang anggota grup facebook Honda Tiger yang saya lupa siapa namanya.

Pelumasan dengan jarum suntik

Jadi intinya dalam postingan tersebut menjelaskan cara melumasi kabel sling kopling dengan menggunakan oli baru. Caranya adalah dengan memasukkan oli tersebut ke dalam suntikan yang biasa dipakai oleh Dokter-dokter di rumah sakit. karena menggunkan jarum suntik yang lubangnya sangat kecil makanya lebih baik menggunakan oli yang masih baru agar tidak menyumbat lubang jarum suntiknya.

trik yang kedua yaitu dengan menyprot tali sling menggunakan chain lube atau cairan pelumas rantai motor. memang sampean juga akan menemui kendala disini, karena sedotan chainlube tidak bisa masuk kecelah kabel kopling triknya kaya gimana? pakai corong tambahan lem korea! (gambar ada di bawah) corong tambahan lem korea itu ujung lubangnya mengerucut menjadi sekecil jarum. jadi, itu sedotan chain lube disambungkan ke corong lem korea terus semprot-semprot dikit sampai terlihat ceceran sisa chain lube diujung kabel kopling. Semoga berguna.

 
Pelumasan dengan corong lem korea

Itulah 2 cara yang sering saya terapkan pada kabel kopling motor saya, pemirsa ada cara lain? monggo share di kolom komentar broh......
Semoga berguna......

No comments: